Minggu, 10 Juli 2011

Tips Merawat Tubuh Setelah Melahirkan


Hari-hari akan terasa begitu berbeda bagi seorang wanita ketika ia sudah menjadi seorang ibu. Wanita akan merasa menjadi sempurna manakala ia telah memberikan keturunan bagi suaminya. Padahal menjadi seorang ibu bukanlah perkara yang sepele. Banyak hal yang harus dilakukan demi merawat anak yang dilahirkannya.


Biasanya terjadi banyak perubahan secara fisik pada tubuh sang ibu setelah melahirkan, khususnya pada bentuk tubuh, perut yang tidak sekencang dulu dan pada organ kewanitaan. Inilah yang menjadi awal perjuangan seorang ibu. Ia harus mampu merawat si buah hati dengan penuh kasih sayang, tapi pada saat yang sama ia juga dituntut untuk tampil sebagai istri yang selalu tampil cantik di hadapan suami. Berikut ini beberapa tips perawatan untuk wanita setelah melahirkan.

Penanganan Bengkak Pada Miss V
Setelah melahirkan, biasanya terjadi pembengkakan pada Miss V. Untuk mengatasinya, lakukan beberapa hal berikut :
  • Siapkan segenggam biji wijen
  • Biji wijen kemudian disangrai (goreng tanpa minyak) hingga hangus.
  • Tumbuklah biji wijen tersebut hingga halus.
  • Biji wijen yang telah menjadi bubuk kemudian dibungkus dengan kain.
  • Pada malam hari panaskan kembali bubuk wijen dengan cara disangrai.
  • Setelah dibungkus, letakkan bungkusan bubuk wijen pada bagian Miss V yang membengkak.
  • Beri tekanan pada Miss V atau duduki bungkusan tersebut dengan posisi tepat pada Miss V yang membengkak.
  • Lakukan selama 1 jam dan ulangi selama 2 – 3 hari.

Membuat Perut Kembali Ramping
Pada saat mengandung janin, perut wanita akan semakin membesar seiring pertumbuhan janin di dalamnya. Bagian-bagian yang ikut membesar antara lain perut, dada dan pinggul. Setelah melahirkan, bagian-bagian tubuh tersebut mengendur. Maka perlu terapi khusus untuk mengembalikan kekencangan perut, dada dan pinggul tadi, sehingga penampilan si ibu kembali menarik seolah seperti gadis. Lalu bagaimana caranya ?
Sejak dahulu masyarakat Jawa memiliki kebiasaan, ibu-ibu muda yang baru saja melahirkan rajin meminum ramuan jamu untuk memulihkan kondisinya. Di antara ramuan tradisional itu adalah beras kencur. Beras kencur dapat diracik sendiri dan diminum atau dibalurkan untuk membuat perut kembali singset seperti sediakala. Bahkan kalau beras kencur ini rajin diminum, selain akan membuat rahim kembali mengecil juga dapat mengurangi kemungkinan infeksi dalam kandungan.

Membuat Miss V Kembali Rapat
Setelah melahirkan, ukuran Miss V biasanya menjadi lebih lebar. Kita dapat menggunakan ramuan sari rapet untuk mengembalikan ukuran dan lebar Miss V seperti semula. Selain itu sari rapet juga dapat mengurangi lendir yang berlebihan, mengencangkan otot-otot Miss V yang kendur setelah melahirkan sehingga memiliki “cengkeraman” yang kuat.

Melenyapkan Gatal Pasca Melahirkan
Biasanya wanita mengalami gatal pada bagian Miss V setelah melahirkan. Untuk menghilangkan gatal-gatal itu, dapat digunakan ramuan herbal untuk membasuh Miss V. Langkah-langkah yang harus dilakukan adalah sebagai berikut :
  • Siapkan beberapa helai daun sirih
  • Daun sirih diiris halus
  • Tambahkan beberapa potong kecil tawas berupa potongan-potongan kecil
  • Rebus hingga mendidih
  • Setelah mendidih, diamkan hingga menjadi hangat
  • Gunakan air rebusan yang sudah menjadi hangat tersebut untuk merendam Miss V yang terasa gatal.
  • Lakukan setiap pagi dan sore selama 1 minggu.

Memperbanyak Air Susu Ibu (ASI)
Sudah menjadi konsekuensi seorang ibu untuk merawat anak yang dilahirkannya, termasuk memberikan asupan gizi yang mencukupi. Bagi bayi yang baru saja lahir, yang dibutuhkan adalah ASI. Air Susu Ibu selain memberikan gizi lengkap dan alami, juga akan mendatangkan berbagai manfaat bagi bayi. Komposisi yang seimbang antara protein, karbohidrat, lemak dan mineral yang terkandung dalam ASI membuatnya lebih mudah dicerna bayi sehingga jarang sekali menimbulkan gangguan pencernaan pada bayi seperti diare, konstipasi dan yang lainnya.
Ada beberapa cara untuk menambah ASI, di antaranya :
  • Cara 1 : Siapkan jintan hitam atau habbatussauda cair. Anda bisa mendapatkannya dengan membeli minyak habbatussauda. Minum minyak habbatussauda sebanyak 1 sendok makan setiap pagi dan sore. Apabila kurang terbiasa mengkonsumsi minyak, Anda bisa mengkonsumsi habbatussauda cair dalam kemasan kapsul atau kapsul minyak habbatussauda.
  • Cara 2 : Siapkan daun katuk secukupnya dan hidangkan dalam bentuk sayur atau lalapan.

Referensi :
Cantik, Sehat & Bugar dengan Herbal, Joko Suryo, B-First : 2010

http://proherbal.net/tips-merawat-tubuh-setelah-melahirkan/

0 komentar:

Blog Archive

Search

Memuat...

Laman

Translate